Peduli Pengentasan Stunting, Lapas Waikabubak Gelar Bakti dan Beri Edukasi Warga

Dion Umbu Ana Lodu
Bakti Sosial Lapas Waikabubak dilaksanakan di Desa Letekonda, Kabupaten Sumba Barat Daya. warga diberikan bantuan tunai juga edukasi terkait gizi dan nutrisi untuk pencegahan dan pengentasan stunting - Foto : istimewa

“Lapas Waikabubak sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa sudah mengandeng kami. Pelayanan Kesehatan Lapas Waikabubak yang biasanya terbatas di dalam Lapas saja namun dengan kerja sama ini, hari ini kami dapat menjangkau hingga ke Desa Letekonda. Hal ini dilandasi tekad untuk memberantas stunting,” tegas Sjarif.

Bakti Sosial Pengentasan Stunting dilanjutkan dengan pemberian bantuan langsung berupa uang tunai secara simbolis kepada Sekertaris Desa, Yohanis Bili Kalumbang. Selanjutnya dana itu akan digunakan dengan menyasar 10 orang anak kategori gizi kurang guna pencegahan stunting di  desa itu. Selama 12  hari akan dilakukan pengawasan  serta pendampingan dalam hal pemberian makanan oleh Kader Posyandu di dusun tempat anak bermukim.


Bakti sosial Lapas Waikabubak berikan pemahaman pencegahan stunting dan edukasi terkait gizi di Desa Letekonda, Kabupaten Sumba Barat Daya - Foto : istimewa

 

Dalam bakti sosial itu juga dibarengi dengan edukasi “Isi Piringku” dan skrining kesehatan anak. Selanjutnya oleh tim dokter dibagi kelompok penanganan langsung ibu dan anak. Materi edukasi berupa informasi tentang bagaimana mengatur porsi makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah-buahan dalam satu piring yang seimbang, juga pola hidup bersih dan sehat dirumah. Skrining kesehatan berupa pengecekan fisik anak, riwayat imunisasi, perubahan asupan makan hingga pemeriksaan hemoglobin anak juga jadi bagain tak terpisahkan dalam bakti sosial itu.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network