get app
inews
Aa Text
Read Next : Harga Tiket Pesawat Melangit, Tranportasi Laut jadi Alternatif Warga Sumba ke Luar Daerah

Penumpang Kapal dari dan ke Waingapu kini Bisa Manfaatkan Aplikasi PELNI Mobile

Kamis, 14 November 2024 | 18:16 WIB
header img
Sosialisasi PELNI MOBILE di Pelabuhan Nusantara Waingapu, Sumba Timur, NTT - Foto Kolase : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Warga konsumen yang berniat dan selama ini menggunakan jasa pelayaran armada Kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) yang dikenal luas dengan PT PELNI, kini bisa memanfaatkan inovasi pelayanan yang disediakan. Pada akhir Oktober lalu, PELNI memperkenalkan PELNI Mobile yang merupakan aplikasi untuk pembelian tiket kapal dan berbagai aktivitas yang di bawah naungan Perusahaan.

Sosialisasi layanan itu dilakukan secara langsung, Kamis (14/11/2024) pada Masyarakat Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, di Pelabuhan Waingapu. Momen ini dihadiri Vice President Usaha Penumpang Non-Komersial PELNI, Presda Simangasing didampingi Desna Hestyandoko selaku Kepala PELNI Kantor Cabang Waingapu.

“Kami sangat senang dapat hadir dan menyemarakkan Pelabuhan Waingapu dengan sosialisasi PELNI Mobile. Kami berharap dapat mengajak para penumpang yang sekaligus warga Waingapu untuk mulai beralih cara membeli tiket yang semula manual menjadi memanfaatkan secara maksimal ponsel pintar mereka dengan mengunduh PELNI Mobile. Kami yakin dengan menggunakan PELNI Mobile, masyarakat akan lebih terbantu dan menghemat waktu untuk memesan tiket kapal penumpang,” ungkap Presda Simangasing, Vice President Usaha Penumpang Non-Komersial PELNI pada iNews.id.

Lebih jauh kata Presda, PELNI Mobile merupakan langkah ‘Jemput Bola’ PELNI dari para calon penumpang kapal PELNI. Apalagi kini, warga termasuk calon penumpang sudah lazim menggunakan gadget dalam kesehariannya. Sehubungan dengan itu, warga bisa langsung memesan tanpa antri di loket atau menghubungi call center yang tentu membutuhkan waktu.

Dikatakan Presda, lewat PELNI Mobile, calon penumpang bisa melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan kapal PELNI diantaranya membeli tiket kapal, mengirim barang, pelayanan keagenan kapal, penyewaan asset juga reservasi Hotel Bahtera. Adapun hingga kini PELNI terus mensosialisasikan PELNI Mobile, dan hasilnya tercermin dengan meningkatnya unduh aplikasi hingga semester 1 pada tahun 2024. Dimana pada periode Januari-Juni 2024, tercatat sebanyak 506.644 pengguna aplikasi PELNI Mobile. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan periode sepanjang tahun lalu atau pada Januari-Desember 2023 mencapai 305.785 pengguna aplikasi PELNI Mobile.

“Ini tentu langkah konkret kami untuk menjemput bola ke masyarakat yang akhirnya tercermin pada peminat pengguna aplikasi yang terus memperlihatkan kinerja yang positif. Kami berharap jumlah ini terus meningkat ke depannya,” timpal Presda.

Selain itu, Presda juga menjelaskan langkah-langkah untuk membeli tiket kapal di PELNI Mobile. Yakni setelah mengunduh dan membuka aplikasi PELNI Mobile, calon penumpang dapat memilih menu “Tiket Kapal”. Lalu, pilih pelabuhan dan tujuan, serta tanggal keberangkatan yang diinginkan. Selanjutnya, isi detail jumlah penumpang, jenis kelamin, serta kategori Keluarga atau bukan. SOSIALISASI PELNI MOBILE | 1 Kemudian, calon penumpang dapat memiliki jadwal kapal yang tersedia (cek tanggal, jam, serta kategori kelas). Setelah isi identitas penumpang (pastikan identitas sesuai dengan KTP penumpang), dapat langsung memilih metode pembayaran dan mendapatkan informasi cara pembayaran. Terakhir, e-tiket sudah terbit.

“Tapi Ingat, e-tiket ini harus ditukar dengan boarding pass di pelabuhan keberangkatan,” imbuh Desna yang saat itu damping Presda.

“Kami membuat aplikasi PELNI Mobile yang mudah dapat segera dipahami oleh seluruh masyarakat. Jadi ini waktunya untuk beralih dari manual ke PELNI Mobile,” pungkas Presda.

Desna Hestyandoko, dalam kesempatan yang sama juga menambahkan, para calon penumpang sangat antusias dengan hadirnya PELNI Mobile. Meski begitu, kata dia menjadi tugas bersama untuk terus memberikan edukasi agar masyarakat dapat beralih dari sebelumnya membeli tiket secara manual menjadi lewat ponsel pintar yang sebetulnya mereka miliki.

“Sosialisasi PELNI Mobile ini bagus sekali agar masyarakat semakin memahami sekaramg sudah semakin mudah untuk mendapatkan tiket PELNI. Waingapu sebagai pulau yang sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun mancanegara tentunya bisa menjadikan kapal penumpang milik PELNI menjadi salah satu alternatif untuk bertransportasi atau berwisata,” urai Desna.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut