get app
inews
Aa Read Next : KPU Sumba Timur Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup, SEHATI, MELEDAK dan MENYALA Menggema!

Kawanan Pencuri Ternak Kuda dan Sapi Dibekuk Aparat Polres Sumba Timur, Satu Diantaranya Pengembala

Selasa, 15 Oktober 2024 | 18:42 WIB
header img
Polres Sumba Timur tangkap dan amankan 6 TSK pelaku pencurian dan penadahan ternak kuda dan sapi dari Desa Matawai Pawali. Kapolres Sumba Timur AKBP Jacky T. Umbu Kaledi berikan keterangan pers di Mapolres setempat - Foto : Humas Polres Sumba Timur

Mengetahui perbuatannya sudah diketahui korban, Y kemudian bersembunyi. Hal mana kemudian memicu korban UP untuk ambil langkah hukum berupa pelaporan ke Polsek Lewa. Laporan itu langsung ditindaklanjuti aparat dengan mendatangi lokasi kejadian dan berhasil mengamankan 1 ekor kuda curian beserta tali nilon yang digunakan tersangka Y menjerat dan mengikat kuda.

Aparat kemudian melanjutkan penyelidikan dan berhasil mengamankan Y pada Sabtu (12/10/2024) dari tempat persembunyiannya. Dan pada petugas dirinya mengaku tidak hanya mencuri seekor kuda namun juga sapi.

“Paska diamankan aparat, Y mengaku tidak hanya mencuri satu ekor kuda namun juga 3 ekor sapi dan seekor kuda lainnya daalam rentang waktu 2023 hingga 2024. Ternak curian itu diakuinya dijual diam-diam pada R, seorang warga Desa Kondamara, Kecamatan Lewa. R kemudian juga diamanakn dan ditetapkan sebagai TSK,” jelas Jacky Umbu.


Kapolres Sumba Timur AKBP Jacky T. Umbu Kaledi didampingi Kapolsek Lewa, Ipda Marius P. Himbir dan Kasi Humas Ipda I Ketur Muradi menunjukkan salah satu barang bukti - Foto : Humas Polres Sumba Timur

Dari R aparat juga mendapatkan pengakuan pembelian ternak dari TSK Y tidak dilengkapi dengan surat kepemilikan ternak aatu dokumen kepemilikan yang sah. Bahkan darinya aparat berhasil mengorek keternagan keterlibatan 4 rekannya yanfg berperan sebagai penggiring ternak curian. Ke-4 rekannya itu yakni UN (24 tahun) UR (20 tahun) D (21 tahun) dan P (49 tahun) yang juga merupakan Warga Desa Matawai Pawali. Kini sebanyak 6 orang kawanan pencuri ternak itu masih diamankan di Rutan Polsek Lewa dan terancam pidana 4 hingga 7 tahun penjara.

“Kepada Tersangka Y disangkakan melakukan tindak pidana pencurian hewan (pasal 363 KUHP), dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun, kemudian Tersangka R, disangkakan melakukan penadahan (pasal 480 KUHP) dengan ancaman hukuman penjara hingga 4 tahun. Sedangkan UN, UR, D, dan P, disangkakan membantu dalam penadahan (pasal 363 dan 480 KUHP) dengan ancaman hukuman yang sama dengan pelaku utama yaitu 7 Tahun,”  urai Kapolres Jacky Umbu.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut