get app
inews
Aa Read Next : Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur Meletus! Ketinggian Kolom Abu Capai 1000 meter

Abu Vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki Rusakkan Ratusan Rumah Warga Hokeng Jaya

Senin, 30 September 2024 | 22:27 WIB
header img
Atap seng rumah salah satu warga di Desa Hokeng Jaya, Kabupaten Flores Timur terpaksa ditutup terpal karena rusak akibat abu vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki - Foto : Joni Nura

FLORES TIMUR, iNewsSumba.id – Atap ratusan rumah rumah warga Hokeng Jaya, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, rusak parah akibat erupsi abu vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki. Kerusakan itu dari hari ke hari semakin parah.

Hasil penyisiran pada sejumlah desa di Kecamatan Wulanggitang dan Ile Bura menemukan banyak atap rumah sudah bocor akibat endapan material belerang selama 8 bulan terakhir ini. Hingga kini warga yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki ini belum mendapatkan bantuan perbaikan atap rumahnya yang rusak parah.

“Terpaksa kita tutup lubang di atap dengan terpal, kalau tidak yaa mau bagaimana lagi, atap rumah sudah berlubang. Kalau tidak tutu,  abu vulkanik masuk dalam rumah,” ungkap Lambertus, seorang warga Desa Hokeng Jaya, Senin (30/9/2024) pada wartawan sembari menyatakan harapannya agar bisa mendapatkan perhatian dan bantuan pemerintah.

Adapun Gunung Lewotobi Laki-laki masih saja erupsi dengan kolom abu sekitar 800 meter dari mulut kawah.  Erupsinya juga berdampak ke Kabupaten Sikka, sehingga berimbas ditutupnya Bandara Frans Seda – Maumere.

Kerusakan atap rumah warga juga diperkirakan terjadi pada sejumlah desa lainnya yakni Desa Dulipali, Klatanlo, Boru, Pululera,N awokote dan desa Boru Kedang.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut