get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Merdeka 79 Tahun, Baru Bupati Khristofel yang Kunjungi Wilayah di Kecamatan Peberiwai ini

Bupati Sumba Timur Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 138 Kades dan 140 BPD

Rabu, 18 September 2024 | 22:50 WIB
header img
Bupati Sumba Timur Khristofel Praing mengukuhkan perpanjangan masa jabatan 138 Kades dan 140 BPD di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kota Waingapu - Foto : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Sebanyak 138 Kepala Desa (Kades) dan 140 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rabu (18/9/2024) siang tadi hadir di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Kehadiran ratusan Kades dan BPD itu untuk Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan.

Pengukuhan itu dilakukan oleh Bupati Sumba Timur Khristofel Praing berdasarkan Undang - Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan kedua atas Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 yang menegaskan bahwa masa jabatan Kepala Desa dan BPD diperpanjang dari 6 menjadi 8 tahun. Perpanjagan masa jabatan itu, kata Bupati Khristofel Praing tentu merupakan tantangan sekaligus merupakan rancangan dari Sang Khalik.

“Dalam keyakinan iman kita, siapapun kita bawha sesungguhnya tidak ada yang kebetulan di kolong langit ini. Semuanya dalam rancangan Sang Khalik, Arsitek Agung itu Sendiri,” tandasnya.

“Pemimpin itu baik, pikirannya baik, hatinya baik, niatnya baik, pekerjaannya baik, Insya Allah jika Tuhan berkenan pasti rakyat dan wilayahnya baik,” timpal Bupati Khristofel sembari berharap momentum perpanjangan masa jabatan hari itu dimaknai sebagai inspirasi dan motivasi mewujudkan masyarakat yang lebih baik.

Bupati Khristofel juga Kembali mengingatkan perlunya sinergitas Pemkab dan Pemdesa serta ragam komponen untuk bersinergi dan berkolaborasi mengatasi persoalan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka stunting.

“Khusus yang berkaitan dengan stunting, hari ini telah berhasil di tekan hingga tinggal 11, 8 persen. Saya berharap angka ini terus kita tekan dan terus turun. Kenapa saya terus gaungkan ini? Karen keterpanggilan hati dan Nurani saya agar stunting ini tidak boleh ada lagi di Sumba Timur tercinta ini karena jika sampai ada, alam 10 tahun ke depan generasi penerus kita akan sulit bersaing dalam berbagai bidang,” paparnya sembari menambahkan angka kemiskinan ekstrim perlu juga terus ditekan dari saat ini yang ada pada posisi 25 ribu lebih kepala keluarga atau turun hampir 60 persen.  


Sebagian anggota BPD yang akan dikukuhkan perpanjangan masa jabatannya oleh Bupati Sumba Timur - Foto : ist

Dalam momentum pengukuhan ini hadir pula anggota Wakil Ketua DPRD Sumba Timur, Umbu Kahumbu Nggiku, Dandim 1601 Letkol Arh Doman Endro Pramono dan Wakapolres Kompol Abd. Basith Algadri. Juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Sumba Timur, Merliaty Praing Simanjuntak, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat  se- Sumba Timur, juga tokoh agama dan tokoh masyarakat.

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut