get app
inews
Aa Read Next : Spektakuler Sang Merah Putih Raksasa Dibentangkan dan Dikibarkan, Hubungkan 2 Pelabuhan di Waingapu

Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan TNI dan Polri di Puncak Bukit Kezimara

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 13:09 WIB
header img
Pengibaran Bendera Merah Puith Raksasa di puncak Bukit Kezimara, hasil kolaborasi dan sinergitas yang dimotori Polri dan TNI serta ragam elemen lainnya di Kabupaten Ende - Foto Kolase : istimewa

ENDE, iNewsSumba.id – Menumbuhkan dan menunjukkan rasa nasionalisme bisa ditampilkan dengan aneka cara. Di Kabupaten Ende, kolaborasi TNI dan Polri setempat mengibarkan Bendera Mera Putih Raksasa di puncak Bukit Kezimara, Kampung Kolibari, Kelurahan Reworena, Kecamatan Ende Utara, Kamis (8/8/2024) siang lalu.  

Pengibaran sang merah putih itu melibatkan anggota Polres Ende dan Kodim 1602 Ende serta ragam elemen lainnya dalam rangka memeriahkan HUT RI ke -79.

Informasi yang diterima iNews.id dari Supardin, Humas Polres Ende, menyebutkan, sebelum pengibaran bendera merah putih itu diawali dengan apel pengecekan di Polres Ende sekaligus pelepasan rombongan atau peserta Apel. Kegiatan itu dihadiri oleh Kapolres Ende dan Dandim 1602 Ende serta pimpinan dan perwakilan instansi lainnya.

Sementara itu, pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa itu di Bukit Kezimara  itu juga dihadiri Dandim 1602 Ende Letkol Kav. I Negah Pendi R, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ende, Asisten  1 Sekda Kabupaten Ende dan Ketua KPUD Ende Wilhelmus Hermanto Lose. Hadir juga sejumlah Perwira Polres Ende, Kapolsek Jajaran Polres Ende, Wadanki Brimob Ende, Danpos TNI AU Ende, Danpos TNI AL Ende dan Danki Kompi Senapan C Yonif/743 Ende. Juga ambil bagian dalam kegiatan itu Kepala BUMN/BUMD Se-kabupaten Ende, Perwakilan/Pengurus Partai Politik, Bhayangkari Polres Ende dan Persit Kodim 1602 Ende.

Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M didampingi Dandim 1602 Ende Letkol Kav. I Negah Pendi R mengatakan, pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa itu bisa terlaksana dengan tuntas karena koloborasi dan sinergi banyak pihak yang dimotori TNI dan Polri di Kabupaten Ende.

“Di atas ketinggian kita bisa melihat kota Ende, makanya kami pilih untuk pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa ini yang ukurannya 9x6 meter, mungkin ini pertama kali kita laksanakan bersama-sama dengan tokoh masyarakat dan segenap instansi yang ada di Kabupaten Ende,” papar Kapolres Ende.

Kegiatan itu, kata Kapolres Ende lebih lanjut bertujuan untuk meningkatkan kekompakan soliditas diantara instansi dan tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Ende. Juga untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada tanggal 17 Agustus serta Pilkada serentak tahun 2024.


Prosesi pengibabaran Bendera Merah Putih Raksasa di atas Bukit Kezimara, Kabupaten Ende - Foto Kolase : Joni Nura
 

“Kami juga juga siap melaksanakan pengamanan dan kita juga berharap agar kedepan proses Pilkada nanti dapat terpilihlah  tokoh masyarakat yang bisa dipercaya untuk memimpin Kabupaten Ende," timpal Kapolres Ende.

Dandim 1602 Ende Letkol Kav. I Negah Pendi R, mengatakan dukungan TNI sudah pasti diberikan untuk kegiatan positif dan menumbuhkan rasa nasionalisme itu.

“Bukit Kezimara ini salah satu Ikon Kabupaten Ende juga menjadi spot paralayang. Dengan adanya kegiatan ini kedepannya diharapkan  bisa dilakukan kegiatan yang lainnya juga,” tegas Dandim Ende.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut