get app
inews
Aa Read Next : Pjs Bupati Sumba Timur Disambut Tarian di Bandara, Disuguhkan Sapaan Adat Panggara Tau di Rujab

11 Bencana Berpotensi Terjadi di Sumba Timur, Kekeringan Masuk Kategori Kelas Tinggi

Jum'at, 05 Juli 2024 | 10:14 WIB
header img
Potret kekeringan di padang sabana dan persawahan di Sumba Timur- Foto Kolase : iNewsSumba.id/Dion Umbu

Lebih jauh Anto atas nama FPRB Sumba Timur berharap, Pemkab melanjutkan proses pembuatan renkon untuk ancaman utama lainnya, seperti gempa bumi, banjir bandang, dan multi ancaman yang juga terkategori tinggi.

“Prinsipnya,  kami FPRB siap mendukung penyusunan renkon lainnya. Perlu diingat, situasi aman tanpa bencana seperti saat ini, adalah kesempatan bagi kita untuk melakukan upaya adaptasi dan mitigasi, perkuat kapasitas Daerah, salah satunya melalui pembuatan renkon sehingga ketika terjadi bencana, kerugian yang timbul dapat diminimalisir dengan respon yang cepat dan tepat,” pungkasnya menguraikan.


Peserta Lokakarya Pengembangan Contingency Plan, Early Warning System (EWS) di aula Patuala Ratu, Setda Sumba Timur - Foto : Prokopim Sumba Timur

 

Sebelumnya Sekda Sumba Timur, Umbu Ngadu Ndamu dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi Lokakarya Pengembangan Contingency Plan, Early Warning System (EWS) dan Rencana Evakuasi itu menegaskan, pentingnya kolaborasi dalam hadapi potensi juga saat terjadinya bencana.

“Tidak bisa jika hanya mengharapkan pemerintah atau satu elemen semata dalam menyikapi potensi dan juga setelah terjadinya bencana. Perlu koloborasi, sinergitas ragam komponen atau elemen di masyarakat,” tandas Umbu Ndamu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut