get app
inews
Aa Read Next : Parang dan Pedang Terhunus Sambut Kapolres Sumba Timur yang Baru Saat Tiba di Waingapu

Bupati Sumba Timur Tegaskan Urgensi Data Statistik yang Akurat dan Mutakhir

Rabu, 03 Juli 2024 | 22:14 WIB
header img
Bupati Sumba Timur didampingi Sekda dan kepala BPS setempat membuka dan mengikuti kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral (PSS) yang dihelat di Kantor BPS - Foto kolase : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.idBupati Sumba Timur Khristofel Praing menegaskan penting atau urgennya data statistik. Karena  itu perlunya data dibuat secara akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Penegasan itu disampaikan Khristofel Praing dalam sambutannya kala mengikuti dan membuka resmi kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral (PSS) yang dihelat di Kantor BPS Sumba Timur, Selasa (2/7/2024) siang lalu.

Diakui Khristofel, PBS itu tentunya bermuara pada peningkatkan kualitas statistik sektoral dilingkup Pemkab. Sumba Timur. Selain itu pelaksanaa kegiatan itu merupakan salah satu penjabaran amanat UU Nomor 16/1997 tentang statistik dan Perpres Nomor 39/2019 tentang Satu Data Indonesia, yang mana menyatakan BPS sebagai pembina statistik sektoral.

“Yang harus diperhatikan adalah data yang dihasilkan dari penyelenggaraan statistik sangat diperlukan untuk perencanaan pelaksanan pembangunan, monitoring dan evaluasi,” tandas Khristofel.

“Data statistik yang dihasilkan oleh seluruh pengampu kegiatan statistik haruslah akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan secara normatif, etis dan moral serta mudah diakses dan dibagikan, dimanfaatkan antar instansi baik pusat maupun daerah,” lanjutnya memaparkan.

Adapun kegiatan itu juga dihadiri oleh kepala BPS Sumba Timur Saudur Irsani H. Sibarani,. Hadir pula Sekda Umbu Ngadu Ndamu, Kepala Bappeda, Yakobus Yiwa dan Syane Tamu Ina, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumba Timur.  

   

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut