get app
inews
Aa Read Next : Minggu SDN Mandas, Senin SDN Laitaku jadi Korban Hujan Deras dan Angin Kencang

Ini 11 Bencana yang Berpotensi Terjadi di Sumba Timur, Penyusunan Rencana Kontijensi Urgen Dilakukan

Kamis, 14 Desember 2023 | 19:10 WIB
header img
Kegiatan penyusunan rencana kontijensi penanggulangan bencana tingkat Kabupaten di aula BPBD Sumba Timur - Foto : iNewsSumba.id

 

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Kabupaten Sumba Timur, NTT  berpotensi terjadinya 11 bencana alam. Karena itu, hal yang urgen dilakukan adalah langkah antisipasinya. Salah satu langkah preventifnya dengan melakukan penyusunan rencana kontijensi.

Sehubungan dengan hal itu, Selasa-Rabu (13-14/12/2023) lalu BPBD Sumba Timur laksanakan pelatihan penyusunan rencana kontijensi penanggulangan bencana tingkat Kabupaten.  Dalam kegiatan itu, 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilibatkan. Selain itu, turut terlibat BMKG, Unkriswina, PMI dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Sumba Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor BPBD Sumba Timur itu didukung oleh Sumba Integrated Development (SID) bekerjasama dengan World Neighbors yang didanai oleh USAID. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Sekda setempat, Umbu Ngadu Ndamu.

“Rencana Kontijensi merupakan bagian penting yang merupakan turunan dari dokumen kajian risiko bencana atau KRB yang harus disusun oleh Pemerintah Kabupaten,” tandas Umbu Ndamu. Dirinya juga menekankan rencana kontijensi merupakan dokumen strategis untuk membangun kolaborasi lintas sektor dalam penanggulangan bencana.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut