get app
inews
Aa Read Next : Umbu Kabunang Rudiyanto Minta Pemerintah Proaktif Sikapi Harga Tiket Pesawat ke Sumba yang Selangit

Majukan Sektor UMKM dan Kepastian Akses Bisnis, 400 Pengusaha Muda di Kupang Dapatkan Pelatihan

Kamis, 05 Oktober 2023 | 18:55 WIB
header img
Direktur Eksekutif Plan Indonesia, Head Of Corporate Affairs, Brand and Marketing Standard Chartered bersama pemerintah dan stakeholder terkait pose bersama sebelum gelaran pelatihan - Foto : Emy Maunmuti

BPS Kota Kupang mencatat, nilai investasi industri kriya (gabus, barang anyaman dari bambu, rotan, dan sejenisnya) mencapai Rp 43 M, dan terdapat angkatan kerja sebesar 224.422 orang atau 61,33 persen di Kota Kupang, 56,08 persen di antaranya berstatus bekerja dan 5,25 persen mencari pekerjaan.

Futuremakers by Standard Chartered yang telah melatih kaum muda berusia 16-29 tahun dalam memulai usaha kriyanya sendiri diapresiasi oleh pemerintah provinsi NTT. Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, mengatakan, Futuremakers dan pertemuan bisnis tersebut membuka kesempatan ekonomi baru bagi para peserta. 

“Pemerintah mengapresiasi para kaum muda Kupang yang telah berjuang mengasah kemampuan mereka melalui pertemuan bisnis ini. Upaya Standard Chartered Indonesia dan Plan Indonesia ini juga mengingatkan kita semua, bahwa kita perlu memberikan dukungan yang lebih optimal agar para pengusaha muda bisa bersaing setara di pasar,” ungkap Ayodhia. 

Sementara, Diana Mudadalam, Head of Corporate Affairs, Brand & Marketing, Indonesia & ASEAN Markets (AU, BN, PH) Standard Chartered, mengatakan, kegiatan ini menjadi bukti nyata pemberdayaan ekonomi berkelanjutan yang dilaksanakan selama setahun terakhir bersama Plan Indonesia.

“Kami memberikan apresiasi kepada para peserta Futuremakers by Standard Chartered yang telah berhasil belajar dan saat ini memiliki kemampuan dalam berkarya membuat kriya dan menjual usahanya. Kami sangat bangga program ini telah berlangsung dengan baik, yang tidak lepas dari dukungan dan kerja sama mitra kami, yakni Plan Indonesia, dan juga pemangku kepentingan lainnya. Kami berharap ini bisa menjadi awal yang baik untuk meningkatkan akses menuju peningkatan ekonomi yang berkelanjutan bagi generasi muda khususnya di Kupang,” urai Diana. 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut