get app
inews
Aa Read Next : Umbu Kabunang Rudiyanto Minta Pemerintah Proaktif Sikapi Harga Tiket Pesawat ke Sumba yang Selangit

Majukan Sektor UMKM dan Kepastian Akses Bisnis, 400 Pengusaha Muda di Kupang Dapatkan Pelatihan

Kamis, 05 Oktober 2023 | 18:55 WIB
header img
Direktur Eksekutif Plan Indonesia, Head Of Corporate Affairs, Brand and Marketing Standard Chartered bersama pemerintah dan stakeholder terkait pose bersama sebelum gelaran pelatihan - Foto : Emy Maunmuti

KUPANG, iNewsSumba.id- Sebanyak 80 dari jumlah total 400 pengusaha muda di kota Kupang ambil bagian dalam pelatihan UMKM Kriya. Pelatihan itu untuk memberikan kepastian akses bisnis yang setara bagi kaum muda.

Standard Chartered Indonesia dan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) menggelar Business Meet Up Event (pertemuan bisnis) yang bertempat di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kupang, NTT, Kamis (5/10/2023). Acara yang digelar bersama peserta pelatihan Futuremakers ini turut dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintah, lembaga keuangan, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. 

Adapun 80 dari jumlah total lebih dari 400 peserta itu  telah mendapatkan pelatihan UMKM Kriya selama setahun bersama Plan Indonesia dan mitra implementasi. Krealogi by Du Anyam, memamerkan usaha mereka dalam tiga golongan kriya, yaitu totebag, anyaman, dan produk kriya umum. Peserta juga berlatih menggaet pasar baru melalui mekanisme lomba mewarnai yang dibuka untuk khalayak umum, dengan bahan dasar totebag yang mereka produksi sendiri. Seluruh peserta pelatihan UMKM Kriya akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk memamerkan karya mereka masing-masing, namun dilakukan secara bertahap.

Direktur Eksekutif Plan Indonesia, Dini Widiastuti dalam sambutannya menyampaikan, pertemuan bisnis ini menjadi awal bagi pebisnis muda untuk untuk mendapatkan pengalaman real, sehingga bisa berkembang dan bersaing di pasar NTT.

"Salah satu dukungan yang paling penting bagi pelaku usaha muda adalah akses menuju pasar. Maka, Plan Indonesia selalu berupaya agar kesempatan ini terbuka bagi setiap peserta program ketenagakerjaan, kewirausahaan kaum muda, juga peserta Futuremakers yang hadir hari ini agar bisa  berkembang dan bersaing di pasar NTT,” tandas Dini.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut