get app
inews
Aa Read Next : Di Unkriswina Sumba, Walhi Gelar Diskusi Bertemakan Anak Muda Bicara Krisis Iklim di NTT

Unkriswina Sumba Mulai Laksanakan PKKMB, Rektor Ingatkan Tentang Bonus Demografi

Senin, 21 Agustus 2023 | 20:42 WIB
header img
Rektor Unkriswina Sumba Timur, Maklon F. Killa saat memberikan sambutan dalam kegiatan PKKMB di pelataran Kampus, ingatkan tentang bonus demografi 2045 - Foto : Dion Umbu Ana Lodu/iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba Timur mulai melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan itu dimulai Senin (21/8/2023) hingga Jumat (1/9/2023) mendatang di lingkungan Kampus Perguruan Tinggi Pertama di Pulau Sumba itu.

Rektor Unkriswina Sumba Timur, Maklon F. Killa dalam sambutannya memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru dengan menyebut mereka sebagai orang – orang pilihan. Hal itu merujuk pada masih banyaknya warga yang punya keinginan untuk bisa menempuh pendidikan tinggi namun diperhadapkan ragam halangan, sehingga hasrat itu harus tertunda. Rektor juga mengingatkan tentang bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia.

“Kalian ini adalah orang – orang terpilih untuk membuat bangsa ini lebih baik, maju dan bermartabat. Tantangan kita semua pada tahun 2045 kita akan menghadapi bonus demografi yang mana penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan penduduk berusia non produktif. Itu kondisi yang hanya akan dialami oleh sebuah negara hanya satu kali. Karena itu harus dimanfaatkan dengan baik, dan bonus demografi itu ada ditangan kalian semua,” papar Maklon.

Dikesempatan terpisah, pada iNews.id Maklon menjelaskan perihal esensi PKKMB dilaksanakan. Proses pembelajaran di kampus menjadi penting untuk dikenalkan pada para mahasiswa, hal mana sebut dia karena para mahasiswa baru akan menghadapi situasi yang berbeda dengan kesehariannya selama menjadi siswa dari tingkatan SD hingga pendidikan SMA ataupun SMK.

“Fase perguruan tinggi atau kampus sangatlah berbeda dengan fase saat masih berstatus siswa. Karena itu perlu dikenali dan beradaptasi. Jika hal itu lambat dilakukan maka tentu akan ketinggalan nantinya dengan kehidupan kampus yang berdinamika,” tandas Maklon yang saat itu didampingi Osfres Umbu Djadji, Ketua PKKMB Unkriswina tahun 2023 di ruang kerja Rektor.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut