get app
inews
Aa Read Next : Sumba Timur Diguncang Gempa Magnitudo 4,9, Dua Kecamatan Paling Rasakan Guncangan

Waspada Angin Kencang di Pulau Sumba, Capai Kecepatan 30 Kilometer Perjam

Senin, 07 Agustus 2023 | 13:34 WIB
header img
Kebakaran padang sabana yang terekam kamera warga. Kecepatan angin di Bandara Lede Kalumbang dan Bandara Umbu Mehang Kunda yang dibagikan ke group info BMKG Sumba - Foto : tangkapan layar

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Warga Pulau Sumba dan sejumlah wilayah lainnya di NTT diminta untuk mewaspadai dampak angin kencang yang telah dan akan terjadi dalam beberapa hari. Merujuk informasi yang diperoleh dari group WA Info BMKG Sumba menyebutkan berdasarkan pengamatan pada Senin (7/8/2023) pukul 10.00 WITA kecepatan angin mencapai 14 knot. Angin kencang juga berpotensi terjadi di sebagian Pulau Timor, Sabu dan Rote.

Namun demikian pada pukul 11.00 WITA masih dari sumber yang sama menyebutkan kecepatan angin mencapai 30 kilometer/jam. Bahkan pengamatan di Bandara Lede Kalumbang, Kabupaten Sumba Barat Daya, dihari dan jam yang sama kecepatan angin mencapai 35 kilometer/ jam.

“Angin kencang ini bersifat kering karena di musim kemarau. Selain itu rentan menyebabkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Carles Alexander Tari, Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Umbu Mehang Kunda, Kabupaten Sumba Timur, NTT yang dihubungi via WA – nya beberapa saat kemudian.

Ditanya data perihal titik panas atau hot spot dalam kaitan dengan potensi kebakaran hutan dan lahan, Carles mengatakan hingga kini belum terdeteksi.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut