get app
inews
Aa Read Next : Merasa Dihambat Dalam Pelaksanaan Program PTSL, Warga Laipandak Surati Bupati, DPRD dan Kapolres

Dilaporkan Dugaan Pungli PTSL, Kades Patawang Tegaskan Hormati Proses Hukum

Minggu, 04 Juni 2023 | 22:45 WIB
header img
Kantor Desa Patawang , Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Kades Imanuel Soleman dilaporkan dugaan pugli kegiaytan PTSL ke Polres Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Proses hukum yang telah dan akan dijalani ke depannya siap dihadapi dan dihormati. Demikian sebagian penegasan Imanuel Soleman, Kepala Desa (Kades) Patawang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur. Hal itu diungkapnya ketika dikonfrmasi via gawainya, Minggu (04/6/2023) malam lalu terkait dugaan pungutan liar (pungli) PTSL.

Dari balik gawainya, Imanuel Soleman menyatakan sikapnya menanggapi laporan dan pengaduan sejumlah masyarakat terkait dugaan tindakan pungli di wilayahnya dalam kegiatan Pengukuran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2023.

“Terkait proses yang ada sebagai warga negara yang baik pasti kita menghargai proses hukum. Itu satu, yang kedua memang berdasarkan undangan klarifikasi kita berikan keterangan klarifikasi terkait dengan laporan pengaduan masyarakat,” tandasnya.

Sehubungan dengan dugaan pungli, Iman Soleman demikan biasa figur ini disapa menyatakan pihaknya telah menyampaikan sejumlah hal pada penyidik Polres Sumba Timur jika memang dugaan itu ditujukan padanya. Kepada penyidik, kata dia telah diungkapkan bahwa tahapan yang dilakukan adalah bagaimana memberikan sosialisasi ke masyarakat. Selain itu soal biaya adalah murni berdasarkan inisiatif dan kesepakatan masyarakat.

“Ada yang kerja sendiri contoh patok, ada masyarakat yang kerja sendiri. Karena memang dalam sosialisasi dan musyawarah waktu itu telah disampaikan jika ada yang mau kerja sendiri silakan. Tapi ada masyarakat yang meminta untuk difasilitasi oleh pemerintah dusun, hanya tindakan fasilitatif yang kita lakukan berdasarkan kesepakatan masyarakat. Jadi sebatas itu tugas kita bagaimana kita mendukung ini program dan lalu bagaimana kita menghargai inisiatif masyarakat untuk lancarnya ini program,” paparnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut