Dokumen Tidak Lengkap, 27 Pencari Kerja Asal Sumba Barat Batal ke Kalimantan

Dion Umbu Ana Lodu
.
Sabtu, 26 November 2022 | 23:33 WIB
Sejumlah calon tenaga kerja asal Sumba Barat dan Sumba Tengah batal berangkat ke Kalimantan karena tidak dilengkapi rekomendasi Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten asal - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Sebanyak 27 pencari kerja yang hendak berangkat dari pelabuhan Waingapu, Sumba Timur, NTT, menggunakan KM. Awu, Sabtu (26/11/2022) sekitar pukul 19.00 WITA diamankan aparat gabungan. Para calon pekerja ini bersama dua pendampingnya mengaku hendak ke Kalimantan untuk bekerja di perkebunan kelapa sawit.

Nico Pandarangga, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kadistransnaker) Kabupaten Sumba Timur, kepada wartawan di terminal pelabuhan Waingapu menjelaskan, para pekerja itu tidak dilengkapi dokumen resmi berupa rekomendasi dari Distransnaker.

“Ada 29 orang, diantaranya ada perempuan yang mengaku hendak ke Kalimantan untuk bekerja di perkebunan kelapa sawait. Awalnya mereka bilang dari Kabupaten Sumba Barat, namun setelah ditelusur ada 7 orang yang asal dari Sumba Tengah,” jelas Nico.

Informasi tentang adanya pencari kerja yang tidak berdokumen lengkap itu, kata Nico awalnya diperoleh pihaknya dari Kadistransnaker Sumba Barat. Karenanya itu dia mengaku berkoordinasi dengan KP3 Laut juga petugas dari Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Sumba.

“Karena tidak dilengkapi rekomendasi dan atas rekomendasi dari Kadistransnaker Sumba Barat kami tahan mereka untuk tidak berangkat. Selanjutnya mereka akan dipulangkan dengan tanggungjawab penuh perekrutnya ke daerah asal masing – masing,” timpalnya.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini