Logo Network
Network

Presiden Jokowi Imbau Pemimpin Negara G20 Terlibat Aktif Dalam Pandemic Fund

Yulistyo Pratomo
.
Selasa, 15 November 2022 | 20:42 WIB
Presiden Jokowi Imbau Pemimpin Negara G20 Terlibat Aktif Dalam Pandemic Fund
Presiden Jokowi himbau pemimpin dunia anggota G 20 terlibat aktif dalam Pandemic Fund - Foto : Tangkapan Layar

BALI, iNewsSumba.id - Saat membuka Working Session II Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara G20 di Hotel Apurva Kempinski, Badung, Bali pada Selasa (15/11/2022) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara anggota G20 untuk dapat berperan serta mendukung penanganan pandemi global. Caranya  dengan ikut berkontribusi dalam Pandemic Fund atau dana pandemi yang berada di bawah naungan World Health Organization (WHO).

Menurut Jokowi,Pandemic Fund sangat penting untuk didukung sebagai upaya persiapan agar ketika pandemi berikutnya dating, dunia bisa lebih siap dan tidak mengulangi kesalahan yang terjadi saat pandemic Covid-19 terjadi.

Untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam upaya persiapan menghadapi pandemi berikutnya, Jokowi mengungkapkan, Indonesia sudah memberikan dana talangan sebesar 5 juta Dollar Amerika Serikat (AS). Lebih lanjut Jokowi juga berharap, bahwa langkah nyata para pemimpin negara anggota G20 untuk mengatasi masalah kesehatan dunia dapat segera diambil

"Saya ajak semua negara berkontribusi pada Pandemic fund. Indonesia sendiri sudah memberi 5 juta dolar AS. G20 harus mengambil langkah yang nyata dan segera. Pertama arsitektur global yang kuat, kita perlu WHO yang lebih kuat, solidaritas agar bisa menjadi roh bagi kesehatan," tandas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, Pandemic Fund dapat menjadi jalan keluar apabila pandemi kembali terjadi dan ini dapat dengan baik dilakukan apabila anggota G20 dapat terlibat.

"G20 telah berhasil membentuk pandemic fund, dan ini harus diukur dengan kontribusi pendanaan agar berkontribusi maksimal," ujar Jokowi.
 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.