Logo Network
Network

Festival Wai Humba Jadi Benteng Terakhir Jaga Nilai Kehumbaan Orang Sumba

Dion. Umbu Ana Lodu
.
Sabtu, 12 November 2022 | 17:39 WIB
Festival Wai Humba Jadi Benteng Terakhir Jaga Nilai Kehumbaan Orang Sumba
Makang (adu gasing) salah satu permainan tradisonal Sumba yang akan ditampilkan kembali oleh para utusan sejumlah kampung dalam Festival Wai Humba mendatang - Foto : IST

Bupati Sumba Timur menerima audensi tokoh adat Kampung Wundut dan Dinamisator Festival Wai Humba di rumah jabatan - Foto : IST
 

 

Pada kesempatan itu, Umbu Wulang memaparkan inti pelaksanaan Wai Humba IX yang mana  merupakan kegiatan berlatar budaya dan pelestarian lingkungan hidup.

“Tema yang diambil pada tahun 2022 yaitu Tana Beri Inamu yang memberikan makna serta filosofi orang Humba tentang tanah sebagai ibu yang memberikan kehidupan,” jelas Umbu Wulang yang juga merupakan Direktur Eksekutif Walhi NTT itu.

Festival Wai Humba IX sendiri lanjut Umbu Wulang, adalah salah satu bagian atau upaya untuk menjaga budaya serta identitas Tau Humba yang saat ini terancam hilang karena perkembangan jaman.

Hadir pula saat itu, Triawan  U. U  Mehakati, yang sejak pertama Festival Wai Humba digelar selalu terlibat aktif bersama sejumlah komunitas.  Dijelaskannya, festival Wai Humba dimulai sejak tahun 2012 silam.

“ Perlu adanya pelestarian budaya sehingga generasi muda ke depan dapat mewariskan kembali peradaban budaya orang Humba yang  memiliki nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan dan ekologi,” papar Umbu Tri.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.