Waspada 5 Penyakit ini Mengintai di Musim Penghujan, Ada yang Fatal !

Wiwie Heriyani
.
Jum'at, 04 November 2022 | 21:56 WIB
Banjjir dan genangan di musim penghujan rentan membawa virus dan bakteri penyebab penyakit - Foto : ilustrasi iNews.id

JAKARTA, iNewsSumba.id - Sedikitnya 5 penyakit yang biasanya mengintai kita saat mulai memasuki musim pancaroba atau memasuki perubahan musim, dari panas ke musim penghujan. Yang paling sering muncul diawal musim penghujan adalah penyakit diare. Namun adapula jenis penyakit lainnya yang mesti diwaspadai. 

Untuk diketahui, virus biasanya akan lebih mudah berkembang biak di suhu yang lebih dingin dari biasanya, seperti suhu udara di saat musim penghujan ini. Hal ini kemudian ditambah dengan kondisi suhu tubuh manusia yang biasanya mengalami penurunan kekebalan tubuh apabila suhu tubuhnya menurun. Sebagai akibatnya, virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksinya.

Hal berikutnya adalah banjir yang biasanya terjadi di musim penghujan. Jika terjadi banjir maka ini membuat penyebaran bakteri menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Sudah bisa diterka, apabila di musim penghujan suhu dan daya tahan tubuh kita menurun, maka virus dan bakteri akan lebih mudah menginfeksi kita.

 Berikut ini adalah 5 (lima) jenis penyakit yang kerap mengintai saat musim hujan:

 1.     Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

ISPA adalah penyakit saluran pernafasan  yang menginfeksi saluran pernafasan mulai dari hidung sampai paru-paru. ISPA merupakan penyakit saluran pernapasan atas atau bawah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti batuk pilek, radang tenggorokan, hingga Covid-19. Penyebab penyakit ISPA ini adalah mikroorganisme berbahaya yang berkembang biak di saluran pernapasan. Mikroorganisme ini lebih cepat berkembang biak karena Kandungan air yang tinggi di udara, terutama di saat musim penghujan tiba.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini