Berkantor di Kecamatan Pahunga Lodu, Bupati Sumba Timur Serap Langsung Harapan Warga

Dion Umbu Ana Lodu
.
Senin, 19 September 2022 | 11:19 WIB
Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dan Ketua TP PKK, Merliyati Praing Simanjuntak menebar benih ikan air tawar di lokasi kebun perang stunting di Pahunga Lodu - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR,iNewsSumba.id – Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing selama dua hari berkantor di Kecamatan Pahunga Lodu. Selain melaksanakan sejumlah kegiatan yang sudah diagendakan, Bupati juga berkesempatan mendengar dan berdialog dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga warga lainnya, sehubungan dengan aspirasi dan harapan mereka.

“Saya harap masyarakat dari ragam elemen bisa bersinergi dengan aparat pemerintah untuk membangun Pahunga Lodu ini. Kita sama – sama membangun dalam semangat untuk mencapai cita – cita menjadi Sejahtera, Harmoni dan Tertib,” tandas Bupati Khristofel dalam salah arahannya di sebuah kesempatan.

Terpisah Camat Pahunga Lodu, Yakub Mangu Yada, kepada media ini menyatakan keputusan yang diambil Bupati untuk berkantor di Pahunga Lodu, sejak Jumat (16/9/2022) hingga Sabtu (17/8/2022) lalu menjadi kebahagiaan bagi warga. Selain bisa melihat dari dekat pimpinannya juga bisa langsung menyampaikan harapan mereka dalam hal pembangunan di daerah masing – masing.

“Pada umumnya warga memberikan kesan positif. Karena bisa melihat dan berdialog langsung dengan Pak Bupati. Walaupun dibatasi dengan waktu namun tetap berikan kesan positif bagi kami dan warga,” jelas Yakub yang dihubungi iNewsSumba.id, Senin (19/9/2022) via gawainya itu.

Bupati sebut Yakub, juga langsung melakukan monitoring dan evaluasi terkait etos kerja para ASN dan perangkat pemerintahan lainnya. Hal itu kata dia, selain memberikan motivasi tentu bermanfaat bagi efisiensi pelayanan pada warga masyarakat

Beberapa kegiatan dilakukan Bupati Sumba Timur didampingi Ketua TP PKK, Merliati Praing Simanjuntak dan sejumlah pimpinan OPD.. Diantaranya melakukan penanaman pohon umur panjang, pelepasan atau penaburan benih ikan dan panen sayur di kebun perang stunting. Juga meninjau progres pembangunan bendungan remidial Karinga serta calon lokasi bendungan Mburukulu.

“Khusus untuk bendungan Karinga itu rencananya tidak hanya menjadi sarana pengairan dan irigasi namun juga lokasi wisata. Di lokasi ini warga juga berharap agar Bupati bisa mengambil kebijakan untuk kedepannya di bangun saluran tersier,” jelas Yakub.   

Kegiatan lainnya yang juga dilakukan Bupati adalah penandatanganan prasasti di lokasi GOR dan Lapangan pacuan Kuda Umbu Tunggu Etu di Tandening.


Bupati Sumba timur bersama camat Pahunga Lodu serta warga disamping prasasti penyerahan tanah unuk GOR Umbu Tunggu Etu - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu
 

“Ada beberapa marga telah sepakat melalui perwakilan para tokohnya untuk menyerahkan tanah  seluas 17 Hektar menjadi milik pemerintah kabupaten menjadi lokasi GOR. Dilanjutkan dengan pemasangan pilar di lokasi tersebut oleh Dinas Perumahan dan juga Pertanahan,” imbuh Yakub.   

  

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini