Sumba Timur Siap Gelar Festival Kuda Sandalwood, Ada Pacuan Kuda Rebutkan Piala Presiden

Dion Umbu Ana Lodu
.
Jum'at, 16 September 2022 | 10:19 WIB
Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing, berbusana adat khas setempat, menunggangi kuda lakukan survey kesiapan Lapangan pacuan Kuda Rihi Eti- Foto : Dion Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Kabupaten Sumba Timur terus mempersiapkan diri untuk menggelar Festival Kuda Sandalwood (Sandalwood Horse Festival). Even tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Keseriusan untuk gelaran even unik itu ditunjukan oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing  bersama Ketua Dekranasda setempat, Merliyati Praing Simanjuntak. Sejumlah tokoh ditemui di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Bupati Khristofel  menggelar pertemuan guna membahas kesiapan pelaksanaan even itu dengan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olah Raga Kementrian Pemuda dan Olahraga, Chandra Bhakti. Pertemuan itu sebagai bentuk koordinasi dengan Pemerintah Pusat, yang dimaksudkan agar  potensi - potensi lokal yang di miliki bisa diekspos di tingkat Nasional...


Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing gelar bertemu Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olah raga Kementrian Pemuda dan Olahraga, Chandra Bhakti - Foto : Istimewa
 

Dikutip dari FB Protokol Sumba Timur, diuraikan bahwa persiapan Festival Kuda Sandalwood (Sandalwood Horse Festival) yang di dalamnya sudah termasuk Event Pacuan Kuda (Palapang Njara) itu direncanakan akan memperebutkan Piala Presiden. Event itu nantinya juga dibarengi dengan gelar UMKM.

Sehubungan dengan hal itu, Bupati didampingi Ketua Dekranasda SumbaTimur, Merliyati Praing Simanjuntak juga bertemu dengan  Ketua Umum Pordasi Pusat, Triwatty Marciano (Istri dari pada Ketua KONI Pusat), Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.Dalam pertemuan itu dibahas tentang Persiapan Festival Kuda Sandalwood yang didalamnya sudah termasuk even Palapang Njara Piala Presiden .. 

Kepada iNewsSumba.id, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Sumba Timur, Ida bagus Putu Punia menjelaskan pelaksanaan Festival itu tentu tidak akan memakan waktu satu dua hari. Pasalnya, even pacuan kuda saja sudah bisa dipastikan diikuti ratusan ekor kuda di Sumba Timur. Belum lagi jika ada peserta dari luar daerah.

“Pacuan kuda sudah pasti di Lapangan Prailiu, tapi untuk pameran tenun dan UMKM tentu akan kita lihat dan pelajari lagi tempat idealnya. Bisa juga nanti pelaksanaannya dipadukan dengan HUT Kabupaten Sumba Timur dan Propinsi NTT,” jelasnya di gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kamis (15/9/2022) usai menghadiri pelantikan pengurus PHRI setempat.

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini