Logo Network
Network

Apresiasi Kain dan Penenun di Sumba Tengah, Elson Umbu Riada Cipta Lagu dan Berkolaborasi

Dion. Umbu Ana Lodu
.
Jum'at, 09 September 2022 | 12:05 WIB
Apresiasi Kain dan Penenun di Sumba Tengah, Elson Umbu Riada Cipta Lagu dan Berkolaborasi
Elson Umbu Riada, musisi Sumba yang juga ASN yang terus berkarya promosikan kekayaan adat, budaya dan alam Sumba (Foto : Istimewa)

SUMBA TENGAH, iNewsSumba.id – Elson Umbu Riada, sosok musisi Sumba yang telah menghasilkan banyak karya musik dan lagu. Karyanya tak hanya bisa dinikmati oleh orang Sumba namun juga bisa dinikmati meluas seiring berkembangnya teknologi juga akfifitas manusia bermedia sosial (medsos) ria. Terkini sosok yang tidak melupakan jati dirinya sebagai seorang seniman dan musisi itu, sekalipun telah berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) menciptakan karya yang dipersembahkan khusus bagi maha karya kain tenun serta penenun kain khas Sumba Tengah.

Lagu berjudul Mawini Ma Tinung (Perempuan Pegiat Tenun) akan dibuat lebih kaya warna dan makna, kata Elson kala dihubungi via gawainya, Jumat (9/9/2022) pagi lalu.

“Sebenarnya lagu ini saya ciptakan pada tahun 2021 lalu namun kembali saya angkat dan disempurnakan liriknya dibantu oleh Mama Rambu Marita. Tentu jika mama dan kaum perempuan terlibat di dalamnya akan lebih mengena bagi kaum perempuan, kaum ibu dan juga bisa diterima ragam kalangan,” jelas Elson.

Tak hanya itu, Elson juga mengaku berkolaborasi dengan Irnie Wanda, rekan musisi asal Jakarta.


Musisi Sumba Elson Umbu Riada berkolaborasi dengan Irnie Wanda (Jakarta) dalam lagu Mawini Ma Tinung (Foto : Istimewa)

Saudari Irnie Wanda dari Jakarta terlibat dalam kolaborasi di dalam lagu ini. Ini adalah lagu daerah Sumba kesekian yang saya kolaborasi jarak jauh sampai saat ini,” ungkap Elson.

Pihaknya berharap, dalam lagu dan kolaborasi itu bisa membawa manfaat bagi promosi pegiat tenun asal Sumba, juga memperkenalkan kain dan sarung Sumba Tengah.

“Saya ambil lingkup Sumba Tengah saja karena saya sedang berusaha perkenalkan kain sarung Sumba Tengah lewat musik,” timpalnya.

Selain itu sebut Elson yang selalu menggunakan sejumlah alat musik khas Sumba dalam setiap karya itu juga mengatakan, lagu yang akan dikolaborasikan dengan Irnie Wanda, adalah lagu ke 4 – nya yang dinyanyikan bukan oleh orang Sumba sekalipun berlirikan bahasa Anakalang.

“ Ini lagu ke 4 saya dalam bahasa Anakalang yang dinyanyikan oleh orang yang bukan orang Sumba. Lagu lainnya yakni Mauri Yehu, Lodawa dan Tana Ma Pa Ihi,” pungkasnya.

Mengakrabi lagu – lagu karya Elson Umbu Riada bisa mengunjungi akun youtube Osa Music Studio. Sejumlah karya yang kental dengan nuansa Sumba juga lirik – lirik penuh makna dan memadukan alat musik modern dan tradisional Sumba bisa dinikmati dalam segala suasana.   

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.