Begini Cara Masak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit, Kaya Manfaat Bisa Jadi Menu Akhir Pekan

TIm iNews
.
Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:32 WIB
Sayuran Tumis Bunga dan Daun Pepaya (rcti plus)

JAKARTA iNewsSumba.id – Pohon pepaya selain menghasilkan buah yang bermanfaat bagi kesehhtan ternyata juga miliki bunga yang tak kalah faedahnya. Sayangnya, tidak semua lidah bisa menerima rasa pahitnya. Namun demikian ada trik yang  bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa itu.

Dirangkum dari ragam sumber berikut iNews.id menyajikan tahapan agar rasa  pahit itu dihilangkan atau diminimalkan :

     1. Siangi batang 

Cara pertama agar bunga pepaya tidak pahit adalah menyiangi dari batangnya. Hal ini dikarenakan batang bunga pepaya terasa lebih pahit dari bunganya. 

2. Gunakan garam 

Cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit selanjutnya dengan menggunakan garam. Remas bunga pepaya dengan garam dalam jumlah banyak. Bisa diulangi prosesnya sebanyak tiga kali, sebelum dibilas memakai air bersih.

    3. Rebus di tanah lempung 

Ada cara memasak lain jika ingin bunga pepaya tidak pahit yakni menggunakan tanah lempung (tanah liat) Masukkan bunga pepaya ke dalam air rebusan tanah lempung.

Kalau sudah matang, cuci kembali bunga pepaya menggunakan air bersih. Peras terlebih dahulu sebelum dimasak bersama bumbu-bumbu lain.

Berikut ini manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh :

  1. Mencegah Kanker

Bunga pepaya mampu menurunkan risiko infeksi dalam tubuh. Adapun awal mula munculnya sel tumor yang berpotensi menjadi kanker adalah peradangan.

  1. Membantu Sistem Pencernaan

Enzim papain pada bunga pepaya dapat membantu proses pencernaan. Selain itu bisa juga mencegah konstipasi.

Jadi kini pembaca bisa langsung mencoba untuk memasak bunga pepaya menjadi sayuran pendamping nasi dan lauk lainnya dalam menu weekend ataupun bentuk kebersamaan lainnya.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini