Duga Ada Pelanggaraan Pelaksanaan Pemilu di Kadi Wano, Bawaslu Sumba Barat Daya Rekomendasikan PSU

Dion. Umbu Ana Lodu
Bawaslu Sumba Barat Daya telah mencermati video viral yang terjadi di salah satu TPS pada Desa Kadi Wano, Kecamatan Wewewa Timur terkait dugaan pelanggaran pelaksanaan Pemilu - Foto kolase : Tangkapan Layar

“Terkait kejadian yang viral di TPS 2 Desa Kadi Wano, Kecamatan Wewewa Timur, memang kita sudah lakukan pleno. Dan beberapa alat bukti untuk memenuhi unsur formil dan materilnya telah dipenuhi,” tandas Yerimias.

Selanjutnya urai Yeremias, Bawaslu merekomendasikan ke KPU untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan juga pemberhentian KPPS.

“Kami meminta kepada KPU untuk melakukan PSU dan juga dari item satu itu berakibat pada pemberhentian pada KPPS karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilakukan PSU,” jelasnya.


Yeremias Bayoraya Kewuan, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT

 

Langkah pemberhentian KPPS juga direkomendasikan oleh Bawaslu Sumba Barat Daya. Hal itu karena ada dugaan keterlibatan penyelenggara, dan untuk menjamin pelaksanaan pemeriksaan tetap berjalan sementara PSU juga terlaksana  dengan KPPS yang baru.

“Khusus untuk KPPS kami rekomendasikan ke KPU untuk diberhentikan. Karena diduga ada keterlibatan penyelenggara,” timpalnya.  

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network