get app
inews
Aa Read Next : Kontribusi Untuk PDRB Sikka, Kopdit Obor Mas juga Penyalur KUR Terbaik

Aktifitas Gunung Kelimutu Terus Meningkat , Naik ke status Waspada

Sabtu, 25 Mei 2024 | 22:07 WIB
header img
Gunung dan Kawah Kelimutu di Kabupaten Ende, Flores, NTT - Foto : istimewa

ENDE, iNewsSumba.id – Merujuk hasil pemantauan visual dan instrumental Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas Gunung Kelimutu, Flores, NTT. Hal itu menjadikan aktivitas Gunung Kelimutu dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) terhitung mulai Jumat (24/5/2024) pukul 13.00 WITA.

Sehubungan dengan itu, masyarakat maupun pengunjung dihimbau untuk tidak berada di sekitar area kawah dalam radius 250 meter dari tepi kawah (Gambare). Selain itu pemantauan secara intensif untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Kelimutu terus dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Kendati demikian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing berita dan informasi yang menyesatkan. Percayakan informasi dan berita dari sumber yang kredibel dan bertanggungjawab.

Terkait situasi itu, Pemerintah Kabupaten Ende terus berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung juga Pos Pengamatan Gunung Kelimutu di Kampung Kolorongo, Desa Koa Nora, Kabupaten Ende. Pemerintah dan masyarakat dapat memantau perkembangan aktivitas dan rekomendasi GunungKelimutu melalui aplikasi Magma Indonesia. yang dapat diunduh di Google Playstore.

Adapun tingkat aktivitas Gunung  Kelimutu akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan yang signifikan. Tingkat Aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut