get app
inews
Aa Read Next : Rumpun Keluarga dari 43 Marga serta Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Adat di Praiyawang

Sekilas Ritual Tarik Batu Kubur Megalith di Desa Lukukamaru Sumba Timur

Sabtu, 17 Juni 2023 | 23:12 WIB
header img
Batu kas khas Sumba ini diperuntukan bagi batu kubur tradisonal 2 warga Desa Lukukamaru. Ritual tarik batu ini melibatkan lebih dari 150 orang menggunakan peralatan tradisonal dan dilandasi semangat gotong royong - Kolase Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Mentari belum sepenuhnya menghangatkan buana, embun dan rasa dingin juga masih terasa menelusuk pori – pori tubuh ratusan warga, baik lelaki dan perempuan warga Desa Lukukamaru, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Namun tak lantas menyurutkan tekad warga yang dominan mengunyah sirih pinang dan mengepulkan asap rokok untuk melakukan ritual tarik batu kubur megalith dari Lahua menuju ke Kampung Karipi.

Ritual tarik batu kubur megalith sejatinya menjadi tradisi sejak lama di Pulau Sumba. Namun seiring waktu dan modernisasi, sudah sangat jarang ditemui dan juga melibatkan peralatan modern semisal tronton dan exavator. Tapi tidak demikian halnya di Lukukamaru, Kamis (8/6/2023) lalu.

Sebanyak 150 orang baik lelaki dan perempuan bahu membahu siap untuk menarik batu alam kars khas Sumba yang telah dipahat persegi menuju Kampung Karipi. Batu ini diperuntukan bagi Almarhumah Ndai Mbati yang mangkat pada usia 61 tahun dan alamarhum anak lelakinya Kahali Ngara Amah yang meninggal diusia 45 tahun.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut