get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 Dibakar di Halaman Samping KPU Sumba Timur

Warnai Hari Pers Nasional, Jurnalis MNC Bagi Pengalaman di SMAN 1 Kambera Sumba Timur

Kamis, 09 Februari 2023 | 21:28 WIB
header img
Jurnalis MNC media wilayah Sumba, berbagi engalamannya dengan para pelajar SMAN 1 Kambera, Kabupaten Sumba Timur bertepatan dengan Hari Pers Nasional 2023 - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Rasa ingin tahu para pelajar di SMAN 1 Kambera, Kabupaten Sumba Timur pada suka duka pekerja media termasuk langkah – langkah peliputan dan penulisan ataupun penyajian berita, sedikit terobati, Kamis (9/2/2023) pagi lalu. Adalah  Etha Tara, guru Bahasa Indonesia di sekolah yang terletak di Kelurahan Lambanapu, Kecamatan Kambera itu menghadirkan jurnalis MNC Media untuk berbagi pengalamannya di kelas XII Bahasa.

“Sekarang rasa penasaran kalian sedikit terjawab walau dalam waktu yang terbatas. Jadi Ibu tidak sebatas berikan teori terkait menulis berita, kali ini hadir langsung dihadapan kita kak Dion. Umbu Ana Lodu, jurnalis MNC Media yang selama ini jalankan tugas jurnalistiknya di Pulau Sumba. Silakan jika mau bertanya tetang pengalaman ataupun kiat menulis berita darinya,” ungkap Etha Tara membuka moment yang dilaksanakan dalam suasana penuh keceriaan itu.

Antusiasnya pelajar di kelas XII Bahasa itu tidak sebatas mendengar sekelumit pengalaman dan motivasi untuk mulai menulis dari jurnalis yang dihadirkan. Namun juga ditimpali dengan aneka pertanyaan yang dilontarkan.

Juvika salah satu siswi bertanya tentang pentingnya menulis dalam dunia jurnalistik. Sementara Amelia bertanya perlu tidaknya dimasukan bahasa atau gaya sastra dalam berita dan Grace bertanya seputar unsur 5 W + 1 H dalam penulisan berita.

Menulis berita bagi seorang wartawan atau jurnalis, sebut Dion adalah mutlak. Karena jika tidak menulis berita, rasanya hampa menyandang status jurnalis. Dan untuk lebih lengkapnya lagi sebut Dion, seorang jurnalis perlu media untuk mempublikasikan tulisan atau berita yang dibuatnya, baik itu di media cetak, online ataupun media elektronik.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut