get app
inews
Aa Read Next : Pria 23 Tahun yang Lempar Telur ke Raja Charles Ditangkap Polisi

Raja George I Tidak Bisa Berbahasa Inggris, Tapi Jadi Raja Inggris Raya Kok Bisa Yaaa?

Minggu, 16 Oktober 2022 | 14:34 WIB
header img
Raja George I, Raja Inggris yang tidak bisa berbahasa Inggris - Foto : istimewa

JAKARTA, iNewsSumba.id – Bahasa adalah salah satu jati diri bangsa atau negara, karena itu idealnya warga negara setempat harus tahu dan bisa berbahasa negaranya. Namun tidak demikian halnya dengan Raja George I,  justru tidak fasih berbahasa Inggris, kok bisa yaa?

Ternyata setelah ditelusur lebih jauh, Raja George I merupakan cicit dari James I yang menjadi penguasa Kerajaan Bersatu Britania Raya menggantikan Ratu Anne. Seperti dirilis oleh Britannica, Raja George I berasal dari Wangsa Hanover.

Raja George I lahirsebenarnya kelahiran Hannover, Jerman pada 28 Mei 1660. Putera sulung dari ‘Adipati’ Brunswick-Lüneburg. Sebagaimana diberitakan, George kemudian mengambil Sophia sebagai isterinya yang tidak lain sepupunya sendiri. Setelah menikah 10 tahun keduanya bercerai karena diduga terliba perselingkuhan. Bahkan Sophia kemudian dipeejarakan di sebuah kastil. hingga kematiannya tahun 1726.

Wangsa Hanover sendiri merupakan dinasti kerajaan Jerman yang berkuasa atas wilayah Brunswick-Lüneburg. Wangsa ini juga memiliki kekerabatan dengan Kerajaan Inggris, dimana banyak anggota kerajaan menjadikan wilayah tersebut sebagai tempat tinggal. Raja George I naik tahta setelah menggantikan Ratu Anne yang tutup usia. Diketahui, pada saat Ratu Anne meninggal dunia, tidak ada satupun keturunannya yang memiliki ikatan darah dengannya yang mampu menggantikan posisinya.

PerjalananGeorge I menuju tahta dilalui dengan adanya aturan yang dibuat oleh Dewan Kerajaan tahun 1701 tentang pewarisan takhta. Dimana diwajibkan bagi seorang raja atau ratu yang akan memimpin Inggris haruslah beragama Kristen Protestan. Di satu sisi, Ratu Anne dan seluruh kerabatnya penganut Katolik, tentunya selain Raja George. Satu-satunya kerabat jauh Ratu Anne yang penganut Katolik adalah Raja George I.

Yang juga menjadikan raja george tak bisa atau tidak fasih bebahasa Inggris justru karena sejak kecil tinggal di Jerman. Merujuk Undiscovered Scotland, Raja George I tiba di Inggris pada 18 September 1714 dan dilantik di Westminster Abbey pada 20 Oktober 1714.

Raja George I kemudian digantikan oleh puternay menjadi Raja George II setelah mangkat pada tahun 1727.

Artikel ini telah tayang  dengan judul https://www.inews.id/news/internasional/fakta-george-i-raja-inggris-yang-tidak-bisa-bahasa-inggris-ternyata-ini-sebabnya/all.
 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut