Kronologis Perahu Motor yang Muat Para Medis Perawat lalu Terhantam Gelombang di Laut Selatan Sumba

Dion. Umbu Ana Lodu
.
Sabtu, 24 September 2022 | 14:47 WIB
Sebagian penumpang perahu terbalik di laut Katundu, selatan Pulau Sumba memberikan isyarat memohon pertolongan - Foto : Tangkapan layar/iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Sebuah perahu motor yang memuat tim layanan vaksinasi Covid – 19, dan layanan kesehatan lainnya, Sabtu (24/9/2022) pagi tadi terbalik dihantam gelombang di laut selatan Sumba Timur. Sayap perahu patah diterjang gelombang hingga oleng dan terbalik.

Informasi yang diperoleh iNewsSumba.id dari Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha mengatakan, tim tenaga kesehatan (Nakes) dan penumpang lainnya berada di atas perahu itu.

“Mereka mau laksanakan kegiatan pelayanan vaksin  covid-19, puskel, screning HIV dan juga layanan bagi ibu hamil dan menyusui di Desa Salura di Pulau Salura. Juga mau laksanakan penyuluhan promkes di SD dan SMP, pereriksaan kesling air dan jamban, juga ada petugas dari Bank NTT bertujuan untuk penagihan kredit,” jelasnya lewat pesan via WA, Sabtu (24/9/2022) siang lalu.

Disebutkan Tinus, tim  tiba di pantai Katundu, Kecamatan Karera pukul 08 : 00 WITA.  Sekira pukul 10 : 20 naik perahu untuk menuju pulau Salura. Dalam pelayaran itu Cater atau  sayap perahu Patah. Perahu kemudian terbalik,” urai Tinus.

Beruntung seluruh penumpang yang menjadikan perahu yang terbalik sebagai pegangan agar tidak tenggelam itu, bisa diselamatkan oleh warga dan nelayan yang berada tidak jauh dari lokasi.

“Tidak ada korban jiwa hanya  Materil Obatan-obatan, Vaksin, dan Alkes Hilang. Juga dokumen lain, dan Barang elektronik seperti HP dan HT rusak total,” pungkas Tinus.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini