Vietnam Keok di Gelora Bung Tomo, Timnas U 19 Lolos Piala Asia

Reynaldi Hermawan
.
Minggu, 18 September 2022 | 22:39 WIB
Timnas U - 19 bersama official beri penghormatan dan terima kasih pada supporter dengan bersama nyanyikan Indonesia Pusaka - Foto : Tangkapan Layar

SURABAYA, iNewsSumba.id – Taktik jitu pelatih Pelatih Indonesia Shin Tae-yong memainkan Marselino Ferdinand di babak kedua berbuah manis. Salah satu pemain kunci Tim Persebaya Surabaya itu juga menjadi pembuka keran gol timnas U -19.  Timnas U – 19 Vietnam tertunduk lesu pasca dikalahkan dihadapan lebih dari 22 ribu pendukung tuan rumah, Minggu (18/9/2022) malam di gelora Bung Tomo, Surabaya.

Taktik pelatih Shin Tae Yong mulai menampakan hasil pada menit ke-60 melalui tendangan keras Marselino dari luar kotak penalti.  Namun pendukung timnas sempat dibuat ketar ketir, saat timnas Vietnam bisa menyamakan kedudukan selang lima menit kemudian. Serangan balik Vietnam buat panik lini belakang timnas Garuda Muda terjadi  gol bunuh diri Muhammad Ferrari. 

Jantung suporter tuan rumah bahkan kian berdegup kencang karena Vietnam bahkan bisa berbalik unggul menit ke-79. Dinh Xuan Tien yang mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan serangan balik cepat. Beruntung mental pemain timnas Garuda Muda tidak keropos.

Kesalahan Ferrrari membuat gol bunuh diri dibayar tuntas dengan sundulannya, hingga menyamakan kedududkan tiga menit kemudian memanfaatkan umpan dari situasi sepak pojok.

Come back  timnas terjadi pada menit 82. Akselerasi Alfriyanto Nico menusuk dari sayap lapangan diakhiri dengan assist untuk Rabbani Tasnim.  Keunggulan yang bisa dipertahankan hingga pertambahan waktu 4 menit berakhir pada babak kedua. Timnas U -19 akhirnya lolos kepiala dunia di Uzbekistan mendatang.


Timnas U- 19 lakukan victory lap usai bungkam Vietnam 3- 2 di Gelora Bung Tomo - Foto : Tangkapan Layar
 

 

Sukacita pemain, pelatih dan penonton berbaur jadi satu. Penghormatan dan terima kasih atas dukungan suporter dilakukan oleh Timnas U – 19 dan seluruh official dengan membentuk lingkaran di tengah lapangan untuk bersama menyanyikan Indonesia Pusaka. Tak hanya itu, victory lap juga dilakukan oleh seluruh anggota Timnas U – 19 dan official.

Berikut susunan pemain kedua tim :

Indonesia (3-5-2):

Aditya Arya Nugraha; Muhammad Ferrari, Robi Darwis, Dimas Pamungkas; Kakang Rudianto, Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Frengky Missa; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh. Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam:

Cao Van Binh; Ho Van Cuong, Tran Ngoc Son, Nguyen Bao Long, Nguyen Duc Anh; Dinh Xuan Tien, Nguyen Duc Phu, Khuat Van Khang, Nguyen Thanh Nhan; Bui Vi Hao, Nguyen Quoc Viet. Pelatih: Dinh The Nam

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Hasil Indonesia Vs Vietnam: Garuda Nusantara Lolos ke Piala Asia U-20 2023 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/sport/soccer/hasil-indonesia-vs-vietnam-garuda-nusantara-lolos-ke-piala-asia-u-20-2023/2.


 
Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini