Logo Network
Network

Aksi Nyata GNRM di Sumba Barat, Gelorakan Tanam 10 Juta Pohon

Yunia Boling
.
Jum'at, 29 Juli 2022 | 20:00 WIB
Aksi Nyata GNRM di Sumba Barat, Gelorakan Tanam 10 Juta Pohon
Asisten Deputi Bid. Literasi Inovasi & Kreativitas Kemenko PMK RI, Molly Pranawati dalam aksi GNRM di Sumba Barat (Foto Yunia Boling)

 

SUMBA BARAT, iNewsSumba.id - Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di Kabupaten Sumba Barat salah satunya perwujudannya adalah dengan gerakan penanaman 10 juta pohon. Ini adalah bentuk nyata yang dimulai dengan aksi penanaman anakan pohon buah – buahan di lahan SMKN 1 Loli, Kelurahan Diratana, Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat, Kamis (28/7/2022) pagi lalu.

Jumlah anakan yang akan ditanam tidaklah sedikit, karena itu untuk merealisasikannya pemerintah setempat akan terus mensosialisasikan ke masyarakat penting dan manfaat penanaman pohon di setiap rumah tangga.

Bupati Sumba Barat yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dedy Suyatno, dan Asisten Deputi Bidang Literasi Inovasi dan Kreativitas Kemenko PMK RI, Molly Pranawati, hadir dalam ceremonial penanaman perdana itu.

“Penanaman pohon ini sejalan dengan program pemerintah yakni mengurangi resiko bencana, pengendalian perubahan iklim, dan mengatasi kekurangan bahan pangan seperti pohon buah,” tandas Molly.

Bupati  Sumba Barat,  Yohanis Dade dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati menyatakan aksi ini diharapkan memberikan semangat, motivasi dan membudayakan masyarakat Sumba Barat untuk menanam pohon mulai dari rumah, desa, kelurahan dan kecamatan.

“Pemerintah akan terus mendorong masyarakat untuk ikut menjaga dan memelihara ruang terbuka hijau yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik,” tandas Dedy.

Dalam kegiatan ini selain dihadiri para tokoh masyarakat, juga nampak hadir dan melakukan aksi penanaman jajaran Forkopimda Sumba Barat diantaranya Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, Kajari Sumba Barat Bintang L. Yusvantare. 

Beberapa anakan pohon yang ditanami diantaranya rambutan, mangga, durian, kelengkeng dan jenis lainnya yang masuk dalam  Multi Purpose Tree Species (MPTS)

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.