Logo Network
Network

Wanita Asal Toraja Ukir Sejarah, Berbintang Dua di TNI Angkatan Udara

Tim iNews Id
.
Selasa, 19 Juli 2022 | 11:26 WIB
Wanita Asal Toraja Ukir Sejarah, Berbintang Dua di TNI Angkatan Udara
Marsda TNI Reki Irene Lumme, bersama Suami Kolonel Sus Ir. Medison Siahaan. (Foto Istimewa)

TORAJA, iNewsSumba.id – Warga Toraja patut berbangga, karena dari sana kini ada Reki Irene Lumme, seorang wanita yang dipundaknya layak menyandang bintang dua. Yaa, dia kini berpangkat Marsekal  Muda (Marsda) Tentara Wanita Angkatan Udara (WARA).

Seorang ibu kelahiran 1 April 1966 ini, menjadi wanita pertama di lingkunp TNI AU yang menyandang bintang dua. Dia merupakan isteri dari Kolonel Sus Medison Siahaan. Yang juga merupakan lulusan Sepamilwa tahun 1993, berasal dari kecabangan Korps Khusus (Sus). 

 
Reki Irene diketahui sejak Juli 2021 menjabat sebagai Oditur Jenderal TNI Babinkum, yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Tugasnya membantu Panglima TNI dalam menyelenggarakan pembinaan hukum dan HAM di lingkup TNI. 

Sebelumnya Reki yang merupakan buah hati dari pasangan Bastian Kali Lumme dan Bertha Sarra dari Toraja, Sulawesi Selatan itu, menjabat sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi (Kadilmilti) II Jakarta.

Reki juga pernah mengikuti pendidikan militer Sekolah Komando AU (Sekkau), Sekolah Staf dan Komando AU (Seskoau), dan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI. 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.