Kasihan, 9 Rumah Adat Tradisional Peninggalan Leluhur di Lamboya Barat Terbakar

Dion. Umbu Ana Lodu
Kampung adat di Kecamatan Lamboya Barat, Kabupaten Sumba Barat terbakar, 9 rumah ludes tinggal puing - Foto Kolase : Tangkapan Layar

SUMBA BARAT, iNewsSumba.id – Kebakaran terjadi dan mengakibatkan 9 rumah adat di Kecamatan Lamboya Barat, Kabupaten Sumba Barat, NTT, tinggal puing-puing, Senin (7/9/2024) siang lalu. Peristiwa kebakaran itu terjadi pada 3 Kampung adat yang berdekatan.

Informasi yang dirangkum iNews dari beberapa sumber termasuk postingan  foto dan video di sejumlah akun media sosial Facebook menyebutkan kebakaran terjadi di Kampung Adat Manola, Kampung Adat Kahale dan Kampung Adat Uboboya. Kampung adat itu masuk wilayah Desa Harona Kalla.

Masih belum bisa dipastikan dari mana awalnya sumber api berasal. Namun sejumlah pihak menduga api berasal dari aktifitas pembakaran lahan untuk pengolahan pertanian, guna menyambut musim hujan dan musim tanam.

Informasi dari sumber lainnya yang bsia dipercaya menyebutkan, amukan jago merah itu berdampak pada 17 Kepala Keluarga yang menghuni kampung adat yang terbakar itu. Dan satu dari rumah adat yang terbakar merupakan rumah yang lazim digunakan untuk ritual adat.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network