get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Dibalik Pentingnya Literasi Digital Bagi Relawan TB Tirta Hamu Lipanggolu

Relawan TB Tirta Hamu Lipanggolu Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik, Karyapun Spontan Dihasilkan

Rabu, 16 Oktober 2024 | 19:23 WIB
header img
Sejumlah relawan TB Tirta Hamu Lipanggolu berfoto bersama jurnalis iNews.id selepas pelatihan jurnalistik - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Sebanyak 20 orang relawan yang aktif dalam kegiatan literasi di Taman Baca (TB) Tirta Hamu Lipanggolu antusias mengikuti sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitasnya. Salah satunya adalah kegiatan pelatihan dasar-dasar jurnalistik.

Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan selama dua hari yakni pada Jumat (11/10/2024) hingga Sabtu (12/10/2024) di sekretariat TB Tirta Hamu Lipanggolu, Desa Kambatatana, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Narasumber dalam kegiatan itu yakni jurnalis iNews Media Group, Dion Umbu Ana Lodu.

“Jadi pesertanya sebanyak 20 orang yang berasal dari Pegiat Literasi dan Generasi Muda,” tukas Alexander Nggalla Lili, Tutor pada TB Tirta Hamu Lipanggolu pada iNews sebelum pelaksanaan kegiatan itu.

Anggreni Ayusti Soliati Tema, selalu Koordinator TB Tirta Hamu Lipanggolu menambahkan, para peserta pelatihan selama ini memang aktif dalam kegiatan literasi di lingkup Taman Baca. Namun diharapkan selepas pelatihan semangat para relawan untuk menyebarkan spirit literasi bisa terus berkobar.

Sementara itu, Katanga Teul yang merupakan Ketua dan Pendiri TB Tirta Hamu Lipanggolu menyatakan, upayanya merintis TB ini adalah untuk bekal generasi penerus Desa Kambatatana. Apalagi sebut dia, anak dan generasi muda kini nantinya akan menjadi bagian dalam terbentuknya generasi emas tahun 2045 mendatang.

“Relawan yang hadir ini nantinya diharapkan bisa membimbing adik-adik di sekitar kami, karena kami disini masih banyak anak yang belum lancar membaca, bahkan sudah SMP masih juga mengeja. Terima kasih untuk saudara Dion yang sudah berbagi pengalaman dan ilmunya. Dan jujur, saya awalnya ragu peserta bisa menerima dan mengerti materi, namun ternyata hasilnya luar biasa, ada sejumlah berita dan tulisan yang dihasilkan,” paparnya sembari menambahkan, rangkaian kegiatan pelatihan didukung pendanaannya oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Republik Indonesia

Antusiasnya relawan peserta pelatihan selain diwujudkan dengan menghasilkan tulisan dan berita selepas memperoleh materi pengenalan dasar jurnalistik secara singkat, juga diwujudkan dalam keaktifan untuk bertanya baik terkait langkah pengumpulan data juga pengalaman menjadi jurnalis atau wartawan.


Pelatihan Jurnalistik diikuti antusias oleh relawan Taman Baca Tirta Hamu Lipanggolu, Desa Kambatatana, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, NTT selama 2 hari - Foto Kolase : iNewsSumba.id
 
“Kira-kira ada pengalaman yang paling menarik yang bisa dibagikan walau sedikit terkait pengalaman menjadi wartawan. Juga saya tertarik dengan tips paska mengumpulkan data, adalah pemilihan angle berita, sehingga memudahkan kita untuk hasilkan karya jurnalistik,” ungkap Marlin Paji Jera, salah seorang relawan TB Tirta Hamu Lipanggolu dan juga seorang akftifis organisasi kemahasiswaan itu.
 
Adapun sejumlah berita dan tulisan yang dihasilkan di antaranya seputar pelayanan publik, seperti ketersediaan sarana jembatan dan akses komunikasi. Adapula yang menulis tentang tenun ikat, tempat wisata dan juga adat serta tradisi Sumba Timur bahkan terkait bencana.

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut