get app
inews
Aa Text
Read Next : Capai UHC, Wakil Presiden RI Serahkan Award pada Bupati Sumba Timur

Libur Lebaran di Depan Mata, BPJS Kesehatan Cabang Waingapu Pastikan Tetap Berikan Layanan JKN

Rabu, 20 Maret 2024 | 19:46 WIB
header img
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Waingapu, Dody Pamungkas didampingi Bangun A. Munthe, Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur dalam konferensi pers terkait layananJKS selama cuti dan libur lebaran - Foto :iNewsSumba.id/Dion Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Menikmati cuti atau liburan dalam suasana nyaman dan aman tentu jadi harapan setiap warga yang menjalaninya. Untuk mewujudkan situasi itu, periode cuti bersama dan libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kemudahan yang diberikan BPJS Kesehatan yakni dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan. Komitmen ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Waingapu, Dody Pamungkas, Rabu (20/3/2024) siang lalu dalam konferensi pers yang digelar di ruang rapat BPJS Cabang Waingapu.

Dipaparkan Dody, prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia. Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup administrasi, pemberian informasi, dan penanganan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," papar Dody.

Di kesempatan yang sama Dody menjelaskan, untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal sebagai peserta mandiri, diimbau untuk rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya per tanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif. BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran.

Ditambahkan Dody, BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

"Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas. BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi," urainya.

Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik. Masih kata Dody, peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

"Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN," ungkap Dody.

Dody menghimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala," tandas Dody.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Bangun Munthe yang juga hadir dalam konferensi pers itu menegaskan komitmen instansinya untuk mengawal juga memastikan pelayanan bagi seluruh peserta JKN. Hal mana sebut dia telah dilakukan di waktu lalu terkhususnya pada saat libur lebaran  nanti peserta dapat tetap terlayani optimal jika membutuhkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

“Dengan aneka upaya yang dilakukan, harapannya pelayanan terhadap peserta JKN selama masa libur lebaran tahun 2024 tetap dapat berjalan dengan optimal,” tegas Bangun.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut