Bukit Hiliwuku Sumba Timur, Eksotikanya Seakan Membawa Pengunjung ke Alam Teletubies

Dion. Umbu Ana Lodu
.
Sabtu, 24 September 2022 | 10:09 WIB
Pesona Bukit Hiliwuku dengan bunga serta rerumputan khas padang Sabana Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu/iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Kabupaten Sumba Timur di pulau Sumba, NTT kaya akan wisata alamnya yang khas dan eksotis. Tak hanya pantai, hamparan padang dan perbukitan sabananya juga menarik untuk diakrapi. Sejauh mata memandang, hamparan sabana membentang. Salah satunya yang menarik adalah perbukitan Hiliwuku di desa Persiapan Hawurut, Kecamatan Matawai Lapawu.

Menuju spot wisata perbukitan dan sabana Hiliwuku, lebih kurang 40 menit lamanya dari pusat kota Waingapu.  Jaraknya sekira 35 kilometer melalui jalanan mulus dan hanya beberapa persen yang masih belum teraspal mulus. Perjalanan pun terasa nikmat dan janjikan kesan, pasalnya sudah pasti jalanan yang dilalui berada di tengah hamparan sabana. Wangi rerumputan khasnya menyapa hidung kala tertiup sang bayu.

Spot perbukitan hiliwuku ini ada dua lokasi. Yang pertama lokasinya ditandai dengan pinus atau cemara gunung tepat di pinggir jalan. Soo mata akan dimanjakan dengan hamparan perbukitan dan lekukan khasnya. Pepohonan khas berada di bawah lembah, pengunjung niscaya terbuai dan bagai dibawa ke alam teletubies.

Aneka pose dan juga titik pengambilan bisa diatur sesuai selera. Bisa dalam bentuk foto dan video lalu di upload ke media sosial tuk mempertegas eksistensi. Bahkan bukan mustahil akan mengundang banyak komentar serta viewers maupun pengikut.


Salah satu spot bukit Hiliwuku di desa persiapan Hawurut, Sumba Timur - Foto: Dion Umbu Ana Lodu/iNewsSumba.id

 

“Yang saya dan kawan – kaan suka dari Sumba itu adalah alamnya masih bersih dan alami. Tak hanya pantai, tapi juga banyak spot alamnya yang unik, tidak sia – sia ke sini. Walau harus makan waktu  dan juga biaya tapi kesannya sungguh luar biasa. Ini jadi salah satu tempat terbaik yang pernah saya kunjungi semasa hidup,” ungkap Lidia, salah satu wisatawan asal Jakarta, yang datang bersama beberapa rekannya dalam sebuah tim itu.

Lokasi bukit Hiliwuku berikutnya berjarak sekira tiga kilometer dari lokasi pertama. Sama  – sama berada di pinggiran jalan menuju wilayah selatan kabupaten Sumba Timur. Lokasi ini dominan dengan spot lekukan perbukitan dan sabana, dan lebih minim pepohonan. Namun jangan ragu, karena tetap janjikan pesona secara maksimal. Tumbuhan dan bunga liar juga menarik untuk diakrabi.


Spot wisata menarik di bukit Hiliwuku, Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu/iNewsSumba.id
 

Kedua lokasi ini bisa dijangkau baik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.  Semua tergantung selera, budget dan kenyamanan masing – masing pengunjung.

“Kita lebih enjoy pakai sepeda motor. Karena memang tidak punya mobil dan pasti lebih irit. Kita juga bisa lebih menikmati sepoi angin dan bisa berhenti di tepat yang kita suka. Foto dengan sepeda motor berlatar bukti dan padang juga kan mantap,” jelas Cahyo, salah satu pengunjung bersama Robert rekannya.

Pesona kedua spot perbukitan Hiluwuku ini tetap menarik dinimati baik musim hujan dan kemarau. Saat kemarau rerumputannya perbukitan akan berwarna coklat keemasan. Dan saat musim hujan akan berwarna hijau muda. Bahkan jika beruntung, kawanan kuda sandalwood yang dilepas liar nampak berlari, berjalan dan merumput di tengah hamparan sabana.

Masih belum menentukan lokasi liburan akhir pekan bersama keluarga atau orang terkasih anda? Ayo ke Sumba, nikmati ragam pesonanya, dan jangan lupa tuk jadikan perbukitan Hiliwuku wajib jadi spot yang dikunjungi. Pesonanya bahkan membuat sejumlah pengunjung menyebutnya sebagai the real teletubies hills.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini