Minum Kopi 2 Hingga 4 Gelas Sehari Turunkan Resiko Kematian Dini

Putra Syah Norens
.
Senin, 25 Juli 2022 | 15:16 WIB
Ayo Ngopi untuk cegah resiko kematian dini. (Foto: Freepik/Ilustrasi)

 

JAKARTA, iNewsSumba.id –Kabar bahagia bagi para penikmati kopi ataupun bagi mereka yang kurang akrab dengan minuman ini. Pasalnya, hasil studi terbaru menyatakan, meminum kopi tanpa gula,  bisa membantu seseorang untuk hidup lebih lama, alias panjang umur.

Annals of Internal Medicine dalam  Studi penelitian itu telah dipublikasikan. Ilmuwan di Cina, tepatnya dari Universitas Kedokteran Selatan dan Jinan di Guangzhou, yakni  Dokter Yan Liu, menyebutkan, penelitian temukan  dampak positif antara kebiasaan minum kopi dengan kesehatan.

"Studi observasional sebelumnya, menunjukkan hubungan antara asupan kopi dan pengurangan risiko kematian, tetapi tidak membedakan antara kopi yang dikonsumsi dengan gula atau pemanis buatan dan kopi yang dikonsumsi tanpa," ujar dr. Yan

Sebanyak 171.616 orang peserta dilibatkan dalam penletian yang berlangsung dari 2006 hingga 2010. Peserta diharuskan menyelesaikan setidaknya satu kuesioner mengenai diet yang mereka jalani seperti kebiasaan minum kopi, dan menunjukkan catatan kesehatan bersih dari kanker dan penyakit kardiovaskular.

Peneliti menguatkannya dengan mempertimbangkan, gaya hidup dan faktor medis lain yang kemungkinan bisa memengaruhi risiko kematian para peserta.

Dari ratusan ribu peserta yang terlibat, sebanyak 55,4 persen peserta minum kopi tanpa gula atau pemanis, 14,3 persen minum kopi dengan gula, 6,1 persen lainnya minum kopi dengan pemanis buatan dan 24,2 sisanya bukan peminum kopi sama sekali.

Ayo minum kopi, dua hingga empat gelas sehari, namun jangan pakai gula, agar resiko kematian dini bisa dicegah. Angkat lagi gelas kopinya, lalu sruput dengan nikmatnya.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini