Logo Network
Network

Kodim 1613 Sumba Barat bangun Pompa Hidram dan Budi Daya Kelor

Yunia Boling
.
Selasa, 19 Juli 2022 | 11:01 WIB
Kodim 1613 Sumba Barat bangun Pompa Hidram dan Budi Daya Kelor
Dandim 1613 Sumba Barat beri arahan pada Anggotanya (Foto Yunia Boling/iNewsSumba.id)

SUMBA BARAT, iNewsSumba.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 1613 Sumba Barat, akan membangun dan memanfaatkan pompa hidram bersama warga. Selain itu juga berbudidaya kelor untuk peningkatan gizi dan kesejateraan masyarakat.

Demikian ditegas Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi di Lapangan Makodim Jalan Gajah Mada Kelurahan Maliti, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Senin (18/7/2022) pagi lalu.

Rahadian lebih lanjut mengungkapkan dalam jam komanda saat itu, TNI AD sebagai alat negara, wajib  terus mendukung program - program pemerintah untuk mengatasi ragam persoalan social. Hal itu  katanya, agar negara terhindar dari krisis seperti yang terjadi di negara lain.

“Langkah paling konkrit adalah bersama dan ajak warga secara humanis untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif. Ini bisa bantu masyarakat menjaga ketahanan pangan keluarga yang mana tentu berimbas secara nasional,” tandas Rahadian.

“Seperti yang dilakukan saat ini membantu dengan membangun pompa hidram terkait air bersih dan budidaya kelor. Kita harus terus menjaga dan mengembangkannya ke depan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” tegasnya lagi.

Kewaspadaan terhadap bencana alam juga perlu untuk ditanamkan. TNI harus cepat dan sigap sikapi bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, di wilayah Kodim 1613/Sumba Barat.

“ Mengantisipasi pencegahan bencana alam, seluruh prajurit TNI AD khususnya Babinsa yang berada di kewilayahan, untuk bersinergi melaksanakan kerja sama dan koordinasi dengan instansi terkait,” pungkas Rahadian sembari menekankan pentingnya pula koordinasi lintas sektoral seperti Polri, Polhut dan Pemkab.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.